Vaksin COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu mengungkap prediksi antibodi dari vaksin Sinovac hanya mampu bertahan hingga 12 bulan.

Menurut New York Times, tingkat antibodi karena vaksin Sinovac kemungkinan turun dalam tempo berbulan-bulan setelah seseorang divaksinasi. Meski demikian ada kemungkinan sistem kekebalan mengandung sel khusus yang disebut sel B memori, yang mungkin menyimpan informasi tentang virus corona selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

“Sama halnya seperti Sinovac, antibodi yang dihasilkan vaksin lain, misalnya buatan Pfizer-BioNTech, Moderna, atau AstraZeneca-Universitas Oxford juga belum dapat diketahui berapa lama akan bertahan,” tulis keterangan itu, dikutip Senin (8/3).

Sementara Pfizer-BioNTech masih melakukan penelitian mengenai hal itu meski telah merilis data keamanan dan kemanjuran dalam uji klinis fase 3.

Pada kasus tertentu ada yang menunjukkan kemungkinan seseorang mengembangkan antibodi Covid-19 lebih dari satu kali. Namun, para ilmuwan mengaku belum dapat memastikan mengapa hal itu terjadi.

Dugaan awal mengatakan Covid-19 semacam virus musiman, seperti pilek atau flu, yang kekebalan jangka panjangnya tidak dimiliki manusia. Hal ini membuat setiap orang membutuhkan vaksinasi ulang.

Seperti SARS-CoV-2, virus flu juga bermutasi secara substansial dari tahun ke tahun, itulah sebabnya seseorang membutuhkan vaksin flu setiap tahun. Tidak ada vaksin yang benar-benar ampuh mengalahkan virus penyebab flu biasa.

Atas alasan itu produsen vaksin harus terus mendesain ulang vaksin Covid-19 sebelum menyuntikannya lagi. Namun sejauh ini, tampaknya SARS-CoV-2 menyebar lebih cepat daripada mutasinya, yang berarti kemungkinan besar seseorang tidak memerlukan vaksin baru setiap tahun.

Ada juga kemungkinan infeksi ulang hanya terjadi ketika individu tidak optimal mengembangkan respons antibodi yang kuat terhadap virus. Jika itu masalahnya, ada kemungkinan vaksin dapat menghasilkan respons kekebalan lebih kuat atau melindungi orang selama beberapa tahun. (ant)