Generasi Digital Indonesia (Gradasi)

Kastara.ID, Depok – Guna menumbuhkan pengetahuan tentang literasi digital di masyarakat, Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Generasi Digital Indonesia (Gradasi) menjalin kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Langkah pertama yang dilakukan dari kerja sama tersebut adalah mensosialisasikan terkait literasi digital.

Ketua DPC Gradasi Kota Depok, Warno mengatakan, pihaknya akan membantu masyarakat mengenal tentang pentingnya digitalisasi pada masa kini. Sebab, imbuhnya, Teknologi Informasi (TI) sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

“Kami bantu edukasi masyarakat melalui instruktur yang sudah tersertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, berupa pelatihan-pelatihan mengenalkan digitalisasi,” katanya usai audiensi di ruang rapat Diskominfo Kota Depok, Lantai 7, Gedung Dibaleka II, seperti dimuat di situs resmi Pemkot Depok (7/4).

Warno menuturkan, sebagai pilot project, sosialisasi dimulai di lokasi program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) yaitu RW 01 dan 02 Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari. Pihaknya akan memberikan pengetahuan literasi digital kepada para ibu, anak-anak, dan warga lainnya.

“Ada 13 Pandu Digital yang bakal melakukan sosialisasi di sana dengan menyasar audiens sesuai kompetensinya,” tutur Warno.

Di tempat yang sama, Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono menyebut, pihaknya menyambut baik kerja sama tersebut. Rencananya, program ini dikolaborasikan dengan program sosialisasi internet sehat melalui Mobile Community Access Point (M-CAP).

“Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan masyarakat semakin paham dan terbuka dengan IT. Kerja sama ini kami harapkan terus berjalan selama pelaksanaan P2WKSS di Bojongsari,” ucapnya. (dha)