Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)

Kastara.ID, Depok – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok memberikan pelatihan keterampilan gratis kepada tiga jenis Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). PPKS Kota Depok tersebut di antaranya Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE), Lanjut Usia (Lansia), dan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Kepala Bidang Rehabiltasi Sosial, Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, pelatihan keterampilan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) Covid-19. Setiap jenis PMKS dibatasi jumlah peserta yaitu sebanyak 25 orang, saling menjaga jarak dan wajib menggunakan masker.

“Pelatihan dilaksanakan hari ini dan besok 9 April 2021. Untuk WRSE diberikan pelatihan dasar tata busana, lansia kerajinan tangan. Serta Odha diberikan pelatihan merias wajah selama dua hari,” katanya usai memonitoring kegitan pelatihan di LKP Ratu Ayu, Cipayung, sebagaimana dimuat di situs resmi Pemkot Depok, Kamis (08/04/21)

Lebih lanjut, ucapnya, setiap pelatihan keterampilan yang dilaksanakan merupakan upaya pemerintah agar para PMKS memiliki ilmu kecakapan hidup. Menurutnya, Dinsos ingin para PMKS memiliki kompetensi.

Nita menambahkan, dalam pelatihan, para peserta diberikan pelatihan  keahlian peralatan, konsumsi dan snack. Selain juga pelatihan gratis yang dibiayai Pemkot Depok.

“Sementara memang program ini yang bisa diberikan. Karena memang ada keterbatasan anggaran. Mudah-mudahan ke depan Dinsos bisa ada anggaran untuk memberikan peralatan kepada PPKS agar mereka langsung mempraktikan, sehingga naik pula ekonominya,” tandasnya. (dha)