Istighfar

Kastara.ID, Depok – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Elly Farida memberikan tausiah dengan tema Ramadan, perbanyak Istighfar. Dalam tausiah yang disampaikan melalui kanal Youtube tersebut, dirinya mengajak masyarakat muslim untuk memperbanyak istighfar karena ada saatnya manusia juga perlu menangis tersungkur dihadapan Allah SWT.

“Ibnu Katsir mengatakan, bahwa mereka yang menyungkur sambil menangis, adalah orang yang merendahkan diri di hadapan Allah dengan keimanan yang paripurna. Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu (Al-Quran surah Al Isra ayat 109),” ujarnya, Jumat (8/4).

Selain itu, lanjutnya, mereka menyatakan otentisitas Alquran bersifat mutlak dan tidak ada makhluk yang kuasa menandinginya. Tentang mereka yang bertambah khusyu bagi Ibnu Katsir adalah mereka yang senantiasa beriman dan ada dalam keselamatan aqidah yang lurus.

“Bersumber dari Ibnu Abbas radhiallahu an, diriwayatkan Rasulullah SAW ‘Dua mata yang tidak disentuh oleh api neraka yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang tidak tidur karena berjaga-jaga di jalan Allah (hadits riwayat Tirmidzi)’. Dalam kesempatan lain Nabi SAW menyatakan tidak akan masuk neraka seorang laki-laki yang menangis karena takut kepada Allah (hadits riwayat Muslim dan An Nasa’i),” terangnya.

Bahkan, lanjutnya, dikemukakan di antara manusia yang mendapatkan perlindungan pada hari kiamat seperti disebutkan dalam hadits tujuh golongan yang mendapatkan perlindungan di hari akhirat. Yaitu orang yang berzikir kepada Allah seorang diri sambil bercucuran air matanya (Hadits Riwayat Bukhari).

“Tentunya menangis merupakan reaksi emosional yang memiliki motif dan motivasi. Maka, tangisan ini menjadi sesuatu hal yang begitu berarti karena ini pula yang membuat tangisan selalu bergantian antara tangis dan tawa,” jelasnya.

Dalam tausiah ini, istri dari Wali Kota Depok juga berharap, apa yang sudah dilakukan ini menjadi salah satu bukti betapa kita merindukan surga dengan menangis karena Allah SWT.

“Semoga pesan-pesan dan ilmu yang kita dapatkan hari ini, semakin menambahkan rasa cinta kita kepada Allah dan menambahkan kualitas puasa kita di bulan Ramadan dan semakin meningkat prestasi untuk menjadikan puasa dengan nilai taqwa,” tutupnya. (dha)