Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak masyarakat untuk melengkapi gizi seimbang selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Ajakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh saat berpuasa agar dapat melawan serangan virus atau kuman, utamanya Covid-19 di era pandemi ini.

“Tingkatkan imunitas dengan pola gizi seimbang agar badan tetap sehat, daya tahan tubuh kuat, sehingga dapat menolak virus yang masuk ke dalam tubuh meskipun saat berpuasa,” jelas Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat (8/4).

Mary menuturkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam pemenuhan gizi seimbang untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di antaranya asupan makanan lengkap dengan sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, serta buah.

Selanjutnya tetap minum air putih minimal delapan gelas saat berbuka hingga waktu sahur. “Minum air putih tetap harus dipenuhi minimal delapan gelas,” tambahnya.

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, sambung Mary, masyarakat juga tetap menerapkan protokol kesehatan. Tentunya dengan menggunakan masker secara benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Serta menjaga jarak saat melakukan aktivitas di luar rumah,” tandasnya. (dha)