Karya Bhakti Satnonkowil

Kastara.ID, Jakarta –  Sejatinya Pandemi Covid-19 yang berlangsung sepanjang tahun 2020 hingga saat ini  memang belum lagi usai. Hal ini tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan saja, namun juga merambah pada sektor ekonomi dan bisnis. Akibatnya, seluruh kegiatan ekbis mengalami kontraksi tak terhindarkan.

Menyadari dan memaknai hal itu, Satuan 81 Kopassus menggelar kegiatan Karya Bhakti Satnonkowil TNI Satuan 81 Kopassus TA 2021 yang bertemakan “Optimalisasi Karya Bhakti TNI dengan Elemen Masyarakat untuk Mewujudkan Pertahanan Darat yang Tangguh”. Selain sebagai jembatan untuk menjalin silahturahmi, juga berupaya meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama dimasa pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, Karya Bhakti Satnonkowil TNI Satuan 81 Kopassus TA 2021 kali ini bekerja sama dengan lima unsur pentahelix, yaitu Koramil, Polsek, Pemerintah Daerah, Korporasi setempat dan Komunitas Lembaga Persatuan Relawan Borobudur (LPRB). Kegiatan ini  dilaksanakan di dua lokasi berbeda di sekitar lokasi tempat latihan Satuan 81 Kopassus di wilayah Magelang, yaitu di Kecamatan Bandongan dan Kecamatan Salaman, Magelang.

Dimotori tim dari Ster Sat-81 Kopassus, kolaborasi aksi sosial ini dimulai dengan gotong royong kerja bakti di Mushola Al-Amin, Dusun Krajan II, Desa Gandum Sari, Kecamatan Bandongan. Dilanjutkan kemudian dengan kegiatan bakti sosial berupa pembagian 100 paket sembako di Dusun Kupatan, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Salaman.

Selain semangat berbagi, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat Dusun Tawang Sari, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Salaman yang memang sedang menjalankan isolasi mandiri tapi tetap produktif.

Pembagian paket sembako diserahkan langsung oleh Dandenban Satuan 81 Kopassus, Mayor Inf Heribertus Purwanto yang pada kesempatan kali ini bertindak sebagai Komandan Latihan kepada warga Dusun Kupatan. Saat penyerahan ia didampingi Babinsa Koramil Borobudur, Babinkamtibmas Polsek Borobudur serta Pemda Setempat.

Kegiatan Karya Bhakti Satnonkowil TNI Satuan 81 Kopassus TA 2021 yang diadakan selama dua hari ini disambut antusias masyarakat Bandungan dan Salaman. Menurut keterangan warga masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan latihan TNI yang selalu diikuti dengan pembinaan teritorial seperti Karya Bhakti ini. Masyarakat menjadi lebih dekat karena TNI dapat mencapai daerah pelosok-pelosok yang jarang berinteraksi.

Menghadapi kondisi pandemi seperti sekarang ini memang membutuhkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak. TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Wiraswasta, Lembaga Masyarakat, media dan semua komponen masyarakat harus bersama-sama mendukung pemerintah dalam pencegahan covid-19. Hal ini agar covid-19 dapat dikendalikan hingga ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan semestinya.

Lebih dari itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi obat bagi kesulitan masyarakat di masa pandemi sekaligus wujud rasa prihatin untuk saling membantu sesama warga negara. (issahib)