Garuda Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Pikri Ilham mengakui, badan pesawat Garuda Indonesia yang membawa jamaah haji Indonesia telah diberi stiker berisi ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal ini menanggapi beredarnya foto yang sempat menjadi viral di media sosial.

Pada foto tersebut terlehat sejumlah kru pesawat Garuda Indonesia termasuk pilot dan pramugari berfoto di depan pesawat. Pada badan sebelah kiri pesawat terdapat tulisan “Terima kasih Pak Jokowi, doakan kami menjadi Haji yang mabrur.”

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menjelaskan, semula Jokowi dijadwalkan akan melepas keberangkatan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama dari embarkasi Solo. Itulah sebabnya pada badan pesawat dicantumkan ucapan tersebut. Namun karena terjadi perbahan jadwal maka Jokowi batal melepas jamaah haji kloter satu dari embarkasi Solo.

Menurut Ikhsan, ucapan terima kasih tersebut semata-mata untuk acara pelepasan. Bahkan acara tersebut juga diikuti acara budaya seperti pecah kendi. Ikhsan menegaskan, setelah acara pelepasan, sticker tersebut bakal dibersihkan.

Sebelumnya melalui akun intagram resmi @garuda.indonesia  PT Garuda Indonesia mengunggah video pemberangkatan jemaah haji 2019 atau 1440 Hijriyah kloter pertama pada Ahad (7/7). Terdapat lima titik keberangkatan, yakni  Jakarta, Solo, Padang, Makassar, dan Lombok.

Dalam caption-nya, akun tersebut menyebutkan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra melepas keberangkatan pertama dari Bandara Adi Soemarno, Solo. Dalam video itulah terlihat tulisan berisi ucapan terima kasih kepada Jokowi.

Hal ini langsung menuai beragam komentar dari warganet. Umumnya menyayangkan pencantuman ucapan tersebut. Warganet menganggap ucapan itu tidak tepat. Pasalnya pesawat Garuda bukan milik Jokowi. Selain itun jamaah haji berangkat juga bukan atas biaya dari Jokowi. Jamaah haji berangkat atas biaya sendiri yang sudah diserahkan dan dilunasi sejak bertahun-tahun lalu.

Hingga kini tercatat video tersebut sudah ditonton sebanyak 71.267 kali. Postingan itu juga berkembang viral dan menuai 486 komentar. (rya)