Kastara.ID, Misano — Menjelang MotoGP San Marino akhir pekan ini di Misano, kabar mengejutkan berhembus tentang pembalap Cervera, Marc Marquez, yang akan bergabung dengan Ducati.

Pembalap Repsol Honda itu dikabarkan akan meninggalkan timnya saat ini dan akan bergabung dengan tim satelit Gresini Racing untuk tahun depan.

Marquez akan berpasangan dengan adiknya sendiri, Alex Marquez di tim Nadia Padovani.

Informasi ini diterbitkan oleh surat kabar asal Spanyol, AS yang sangat yakin sang Catalan akan meninggalkan Honda.

“Marc Marquez telah mengambil keputusan dan akan bergabung dengan Gresini Ducati pada tahun 2024,” sebut AS.

Marc Marquez dikabarkan tinggal mendapatkan tanda tangan terakhir untuk bergabung dengan Gresini Ducati.

Kisah masa depan juara enam kali MotoGP itu mengambil langkah besar akhir pekan ini di Misano. Kepergian Marquez dari Honda mendapatkan momentumnya, tulis AS.

Dia akan bergabung dengan saudaranya Alex Marquez di Gresini musim depan.

“Ada kontak penting antara kedua pihak, tim dan pembalap, di luar pabrikan,” ungkap sebuah laporan media Spanyol, AS, yang dilansir Crash.net.

“Perjanjian tersebut hampir menjadi kenyataan karena tidak adanya rincian yang harus diselesaikan. Telah ada kontak dan tanda tangan terakhir akan menjadi manis…,” lanjut laporan tersebut.

Sementara media motorsport Jerman, Speedweek.com juga memberitakan hal senada.

“Marc Marquez telah mengambil keputusan. Dia akan meninggalkan Repsol Honda setelah 11 tahun dan akan membentuk tim Gresini Ducati bersama adiknya, Alex pada tahun 2024. Artinya, tes hari Senin dengan prototipe Honda RC213V 2024 tidak lagi penting. Karena Marquez sudah lama kehilangan harapan untuk masa-masa yang lebih baik di Honda,” tandas laporan Speedweek.com.

“Tentu saja jika Marquez atau Joan Mir bersedia untuk dikontrak oleh tim Gresini, tim ingin memiliki pembalap seperti itu. Dan siapa yang tidak menyukainya?” tandas Carlo Merlini, direktur komersial dan pemasaran Gresini, seperti dilansir AS.

Marquez dikatakan akan menggantikan pembalap Italia, Fabio Di Giannantonio di tim Gresini.

Sementara Marquez sendiri gagal mengakhiri spekulasi bahwa ia akan keluar dari Honda ketika diberi kesempatan pada Kamis di Misano.

“Saya punya kontrak tahun depan dengan Honda,” bunyi tanggapannya ketika ditanya apakah dia akan pergi.

Jadi itu keputusan Anda? “Saya punya kontrak tahun depan dengan Honda,” ungkap Marquez kembali menegaskan.

Apakah laporan AS benar atau tidak, baiknya ditunggu saja klarifikasinya. (tra)