Headline

Bakal Dibangun Rumah Lapis di Kampung Akuarium

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan membangun kembali Kampung Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara pada 2020. Triyanto menyatakan, pihaknya akan membangun sebanyak 142 unit rumah dengan tipe 27. Saat ini rencana tersebut tengah memasuki proses lelang rencana desain atau detail engineering design (DED). Nantinya, desain yang akan digunakan sesuai dengan konsep penataan kampung dengan community action plan (CAP) seperti yang telah diusulkan warga.

Saat berbicara pada Selasa (8/10), Triyanto mengatakan bahwa pembangunan akan menggunakan model rumah berlapis secara vertikal. Model ini mirip dengan rumah susun. Namun rumah lapis maksimal hanya memiliki ketinggian empat lantai.

Terkait besarnya anggaran, Triyanto belum bisa memastikan. Pasalnya anggaran pembangunan Kampung Akuarium, menurut Triyanto, baru akan diketahui setelah Pemprov DKI mendapatkan pemenang lelang DED.

Seperti diketahui, pada 2016 saat Gubernur DKI Jakarta masih dijabat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, perkampungan di utara Jakarta itu mengalami penggusuran. Ahok saat itu beralasan lahan yang ditempati warga Kampung Akuarium selama ini adalah milik Pemprov DKI Jakarta. Ahok menyebut warga telah mendiami tempat yang terlarang.

Saat proses pencalonannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies yang kala itu berpasangan dengan Sandiaga Uno menjanjikan bakal membangun kembali Kampung Akuarium. Keseriusan Anies melaksanakan janji kampanyenya itu juga dibuktikan dengan mengaktifkan kembali kartu tanda penduduk (KTP) warga Kampung Akuarium pada awal 2018. Selain itu Anies juga telah membangun hunian sementara pada April 2018. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…