Subedjo

Kastara.ID, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengajak warga agar selalu menjaga kondisi saluran air di wilayah permukiman.

Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di Ibukota pada 11-15 Januari mendatang.

“Sebagai antisipasi dini, kami mengajak warga untuk selalu menjaga kondisi saluran air di lingkungan permukiman agar air dapat mengalir dengan lancar,” ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Subedjo (8/1).

Dikatakan Subedjo, prakiraan cuaca dari BMKG yang menginformasikan potensi cuaca ekstrem di Jakarta menjadi perhatian serius pihaknya dalam mengantisipasi bencana banjir di Jakarta. Pihaknya juga akan memastikan early warning system berfungsi sehingga potensi kerugian material dan korban jiwa dapat diminimalisir.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan seluruh pompa, sarana dan prasarana penanganan bencana siap beroperasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan gencar mengimbau warga agar senantiasa waspada terhadap potensi bencana. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan posko dan petugas dari mulai tingkat provinsi, kota, kecamatan hingga kelurahan. (hop)