Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 7.500 peserta memeriahkan Gowes Bersama Jakarta Safety Excellence dan Bazar PKT. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Jakarta safety excelent dan peringatan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tahun 2020.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen meningkatkan K3 di lingkungan kerja dengan mendorong keterlibatan semua pihak.

“Gowes ini juga sejalan dengan pengembangan kota berbasis transportasi bebas emisi,” ujarnya, Ahad (9/2).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah menjelaskan, di peringatan bulan K3 ke-50 ini, pihaknya menyiapkan serangkaian kegiatan. Dimulai dari pencanangan bulan K3 dilanjutkan konser Excelent Safety 2020 yang menghadirkan sekaligus mengangkat Didi Kempot sebagai Duta K3.

“Gowes Safety Excelent ini menempuh jarak 11,4 kilometer dengan rute Velodrome ke Tugu Proklamasi dan kembali lagi ke titik start. Dari target 3.000 orang, ternyata peserta mencapai 7.500 orang,” katanya.

Andri menambahkan, kegiatan gowes kali ini juga dimanfaatkan pihaknya untuk menyosialisasikan berbagai program dan rencana kerja seperti Mobile Training Unit (MTU). Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menggelar pemilihan Miss K3 dan penghargaan perusahan zero accident.

“Kita juga sosialisasikan penggunaan tumbler untuk mengurangi ketergantungan dengan plastik. Total ada 500 yang dibagikan,” tandasnya. (hop)