Keamanan Pangan

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP), Jumat (9/4), menggelar sidak pengawasan keamanan pangan segar di salah satu pasar modern di Jalan Gajah Mada.

Dalam giat ini, Dhany yang didampingi Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Penti Yunesi Pudyastuti, mengambil sejumlah sampel pangan segar di antaranya sayuran, makanan olahan, daging, dan ikan untuk dilakukan pengecekan di mobil laboratorium.

Menurut Dhany, pengawasan digelar guna memastikan pangan segar yang dijual di pasar modern aman untuk dikonsumsi masyarakat menjelang Ramadan.

“Pengawasan juga dilakukan di pasar tradisional, sekaligus memantau stabilitas harga bahan pangan,” ujar Dhany.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan mengenakan sanksi tegas bila ditemukan bahan pangan yang diperjualbelikan di pasar tradisional dan modern mengandung zat berbahaya yang merugikan kesehatan masyarakat.

“Jika ditemukan pangan mengandung zat berbahaya, kami akan melakukan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Sementara untuk stok kebutuhan bahan pangan di Jakarta Pusat menjelang Ramadan, Dhany menilai aman dan harganya cukup terkendali.

“Stok bahan pangan masih aman dan harga terkendali,” tandasnya. (hop)