Arus Balik

Kastara.ID, Jakarta – Volume pemudik yang tiba di sejumlah terminal di Jakarta meningkat drastis. Tercatat, sebanyak 12.696 orang tiba di tujuh terminal (8/5).

Kepala Unit Pengelola Transportasi Angkutan Jalan (UPTAJ) Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syamsul Mirwan mengatakan, volume kedatangan pemudik paling banyak pagi hari ini di Terminal Kampung Rambutan sekitar 8.807 penumpang. Lalu Terminal Kalideres 2.514 penumpang dan Terminal Tanjung Priok sebanyak 545 penumpang.

“Pemudik yang tiba di terminal bantuan seperti Terminal Grogol, Muara Angke, dan Lebak Bulus total ada 830 orang. Pemudik mulai datang sejak tengah malam sampai pukul 06.00 tadi,” ungkap Syamsul (8/5).

Syamsul menjelaskan, peningkatan volume penumpang atau pemudik yang tiba di tujuh terminal tersebut mulai terjadi sejak 6 Mei lalu. Tercatat, sebanyak 150.000 orang sudah tiba di terminal-terminal di Jakarta selama masa angkutan Lebaran.

Syamsul memprediksi, kedatangan pemudik pada masa arus balik Lebaran akan terus berlangsung pada pekan ini.

“Namun jumlahnya tidak sebanyak Sabtu kemarin dan hari ini,” ucap Syamsul.

Syamsul mengatakan, pemudik yang tiba melalui terminal layanan AKAP telah disediakan Angkutan Dini Hari (Andini) pada masing-masing terminal.

Andini merupakan angkutan reguler yang disediakan operator angkutan umum yang trayeknya melayani perjalanan Jabodetabek. Akan tetapi, jumlahnya terbatas, tidak sebanyak pada siang hari.

“Demi keamanan dan kenyamanan penumpang, apabila ada penumpang yang enggan pulang ke rumah masing-masing pada dini hari, maka disediakan ruang tunggu yang aman dan nyaman serta didampingi petugas jaga,” tandas Syamsul. (hop)