Menurut Anwar, progres pembangunan hunian bagi warga penyintas kebakaran di lokasi tersebut saat ini sudah mencapai 90 persen. Rencana awal di lokasi ini dibangun 136 rumah, namun sekarang ditambah dua lagi di bagian ujungnya, sehingga total ada 138 rumah.

“Alhamdulillah, progres pembangunan sudah mencapai 90 persen,” ucap Anwar.

Anwar mengungkapkan, Kampung Gembira Gembrong yang awalnya merupakan pemukiman padat penduduk ini dibangun sesuai konsep rencana dasar tata ruang (RDTR). Di lokasi ini juga akan dibangun ruang serba guna dan musala untuk kepentingan masyarakat. Selain itu ada instalasi pembuangan air limbah, pengolahan sampah, dan lainnya.

“Mudah-mudahan, dibangunnya Kampung Gembira Gembrong ini menjadi suatu kegembiraan bagi warga korban kebakaran. Targetnya dalam waktu dua hingga tiga pekan lagi pembangunan tuntas 100 persen,” kata Anwar.

Ketua RW 01 Cipinang Besar Utara, Maju Saiman Hutabarat, mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada Gubernur DKI Anies Baswedan serta Wali Kota Jakarta Timur dan jajarannya yang telah merealisasikan pembangunan Kampung Gembira Gembrong.

Ia juga bersyukur, karena ada penambahan pembangunan dua rumah lagi untuk ditata. Karena memang dua rumah tersebut kondisinya kumuh walaupun tidak terbakar.

“Alhamdulillah dua rumah warga yang tidak terbakar ikut ditata agar serasi dan menjadi sama dengan lainnya. Sehingga semua rumah di sini terlihat indah, rapi, elok, dan sedap dipandang mata,” ungkapnya. (hop)