Kastara.ID, Jakarta – Pihak Kerajaan Inggris melaporkan, lirik lagu kebangsaan Inggris Raya bakal berubah pasca Ratu Elizabeth II mangkat.

Lagu berjudul “God Save the Queen” itu bakal berganti menjadi “God Save the King,” ketika Raja Charles III naik takhta.

Untuk diketahui, Ratu Elizabeth menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (8/9) kemarin di usia 96 tahun.

Ratu Elizabeth merupakan pemimpin monarki tertua di dunia yang memerintah pada era modern, dengan periode kekuasaan selama 70 tahun.

Pasca kematian sang ratu, putra tertuanya, Pangeran Charles, naik takhta. Karena Charles naik takhta, lirik “God Save the Queen” (Tuhan Menjaga Sang Ratu) diubah menjadi “God Save the King” (Tuhan Menjaga Sang Raja).

Sebagian besar lirik lagu itu akan tetap sama, kecuali kata ganti orang ketiga perempuan (she/her) diganti dengan kata ganti orang ketiga laki-laki (he/his), dan kata “Ratu” diganti dengan “Raja”.

“God Save the King” sebenarnya memang judul asli lagu itu. Lagu itu ditulis pada 1745 dan dikenal sebagai lagu kebangsaan Inggris pada awal abad ke-19, berdasarkan situs resmi Keluarga Kerajaan.

Ratu Elizabeth II naik takhta pada 1952. Saat itu, lirik lagu kebangsaan Inggris masih berupa “God Save The King,” untuk menghormati Raja George VI. (har)