Depok

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) turut menyukseskan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Pelaksanaan BIAS ini dilakukan dengan mengunjungi sekolah dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Kepala UPTD Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar mengatakan, pelaksanaan BIAS dilakukan dengan mengunjungi sekolah mulai tanggal 22 November mendatang. Adapun sasarannya sebanyak 936 siswa kelas I, kelas II, dan kelas V.

“BIAS tetap dijalankan meskipun pandemi Covid-19 dengan menerapkan prokes. Upaya ini dilakukan agar kebutuhan imunisasi pada anak dapat terpenuhi,” tuturnya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (8/11).

Sulaeman menjelaskan, untuk sasaran kelas I sebanyak 308 siswa diberikan imunisasi measles rubella (MR) dan difteri tetanus (DT). Selanjutnya untuk kelas II dengan sasaran 313 siswa dan kelas V dengan sasaran 315 siswa diberikan imunisasi tetanus difteri (Td).

“Imunisasi diberikan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, sambung Sulaeman, bagi orang tua yang menolak pemberian imunisasi harus membuat catatan dan alasannya. Kemudian, jika terdapat murid yang sakit maka akan ditunda hingga keadaan sembuh. Selain itu membuat perjanjian kedatangan dengan petugas untuk imunisasi BIAS di puskesmas.

“Apabila saat pelaksanaan terdapat murid yang sakit dapat ditunda dan melaksanakan imunisasi di Puskesmas,” tandasnya. (dha)