Erick Thohir

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengklaim bahwa dirinya sudah mengantongi nama direksi baru PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Namun demikian, dia belum bisa membuka siapa nama-nama direksi baru tersebut.

Menurut Erick, nama-nama baru tersebut baru akan dibuka dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda, pekan depan.

“Sudah. Garuda, Insyaallah direksinya sudah ada. Komisaris mungkin masih minggu depan. Saya tidak mau cari problem dengan institusi yang ada, nanti disangka arogan padahal kita itu mau profesional dan transparan,” jelas Erick.

Selain Garuda Indonesia, Erick juga mengaku sudah merombak sebagian jajaran direksi dan komisaris BUMN serta kementerian. Menurutnya, perombakan dilakukan karena adanya ketimpangan profit yang dihasilkan oleh BUMN.

Tercatat, kontribusi 15 BUMN dari 142 BUMN menyumbang 73 persen dari total profit. Sementara 27 persen profit lainnya dihasilkan dari 127 perusahaan lainnya.

Erick menyebut perombakan hanyalah penyegaran dan bersifat lumrah. Ini akan terus dilakukannya hingga terbentuk BUMN yang solid. Erick juga menyebutkan penilaian yang dibuatnya berdasarkan tiga komponen dasar yaitu akhlak, loyalitas, dan team work atau kerja tim. (ant)