Stunting

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB) siap menyukseskan program Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak (D’Sunting Menara) besutan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok. Hal ini sebagai upaya mewujudkan wilayah yang bebas dari stunting.

Lurah Rangkapan Jaya Baru, Boni Sobari Kusumah menyebut, ada 42 anak stunting di wilayahnya yang akan diintervensi. Mulai dari pemberian makanan tambahan serta edukasi untuk para orang tuanya agar anaknya pulih dari stunting.

“Kegiatan dalam program D’sunting Menara akan terus digulirkan sampai kasus stunting nol di RJB, bahkan sesuai harapan tidak muncul lagi kasus baru atau Zero New Stunting,” ujarnya usai Gebyar Aksi D’Sunting Menara di Halaman Kantor Kelurahan RJB, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (9/3).

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Kota Depok Elly Farida mengapresiasi Camat, Lurah, TP-PKK, dan unsur pentahelix yang telah melaksanakan program D’Sunting Menara. Melalui gerakan terpadu yang akan dilaksanakan nantinya diharapkan mendukung Zero Stunting di Kota Depok.

“Alhamdulillah, secara simultan D’Sunting Menara sudah berjalan di setiap wilayah atas inisiatif gerakan kebersamaan yang membanggakan seperti di Kelurahan RJB. Mudah-mudahan progresnya selaras dengan yang dicita-citakan,” ujar Elly.

Dalam kesempatan tersebut, Elly melepas kader yang tergabung dalam Ojek Cantik Membawa Makanan Balita Stunting (Ocan Bananas). Rombongan ibu-ibu menggunakan motor ini, langsung bergerak ke RW 12 guna menyerahkan makanan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) untuk anak-anak penderita stunting.

“Sambutan yang sangat baik dari masyarakat, hadir pendongeng juga memberikan edukasi kepada orang tua agar mulai memperhatikan gizi anaknya ini patut diapresiasi,” tutupnya. (dha)