Kastara.id, Jakarta – Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan ada lima provinsi yang memiliki tingkat kerawanan tinggi dalam pilkada serentak 2018. Kelima provinsi tersebut yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

“Dengan demikian, dibutuhkan perhatian semua pihak yang lebih maksimal terhadap daerah-daerah terkait,” ujar Mendagri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/6).

Mendagri menegaskan, penyelenggaraan pilkada harus diisi dengan kampanye yang sejuk, mengedepankan adu gagasan dan program.

“Kontestasi demokrasi lokal harus dilakukan secara damai dan bertanggung jawab, dengan menjauhkan sikap dan tindakan yang bersifat SARA, mencegah meluasnya ujaran kebencian, intoleransi, radikalisme, persekusi, dan menghindari berbagai perbuatan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo memerintahkan, Kepala Badan Kesbangpol di 171 daerah yang akan menggelar pilkada 2018, memperkuat Tim Pemantauan, Pelaporan, dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah. (dwi)