Selekda ASEAN Skills Competition (ASC)
Kastara.ID, Jakarta – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta menggelar Seleksi Daerah (Selekda) ASEAN Skills Competition (ASC) ke-XIII Tahun 2022 di Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo, Jakarta Timur pada 9-11 Agustus 2022.

Selekda ASC ke-XIII ini diikuti 20 peserta yang terdiri dari 10 orang dari Kejuruan Automobile dan 10 orang Refrigeration and Air Conditioning.

Para peserta merupakan perwakilan dari Pusat Pelatihan Kerja Daerah di lima wilayah, PPKPI Pasar Rebo, perusahaan otomotif, dan perwakilan dari SMKN 54.

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, kegiatan ASC digagas atas kesepakatan bersama antar menteri-menteri yang membidangi ketenagakerjaan negara-negara anggota ASEAN.

Tujuannya untuk meningkatkan kerja sama pelatihan, mempromosikan pendidikan dan pelatihan vokasi serta meningkatkan kualitas tenaga kerja muda di kawasan ASEAN. ASC XIII sendiri akan digelar di Singapura dari 16-30 Juli 2023 mendatang.

Andri menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya selekda ini sebagai ajang promosi tenaga kerja yang kompeten, memperkuat sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan terkait sekaligus mempromosikan pendidikan serta pelatihan vokasi.

Selekda ini juga dapat meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja muda di kawasan ASEAN dan menjaring talenta calon kompetitor ASC XIII yang akan mewakili daerah.

“Bagi Indonesia, menuju ASC XIII menjadi tantangan tersendiri di tengah keterbatasan yang ada. Indonesia harus tetap optimis meraih hasil terbaik,” ujar Andri, Rabu (10/8).

Menurut Andri, Selekda ASC sangat menentukan sukses tidaknya Indonesia di ajang regional ASEAN. Oleh karena itu, Selekda ASC memiliki peran strategis terhadap keberhasilan pembinaan talenta calon kompetitor.

Keberhasilan pelaksanaan Selekda ASC juga dinilai sangat ditentukan tata kelola, kerja sama dan keterlibatan berbagai pihak dalam memobilisasi sumber daya yang diperlukan.

“Kita harus terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang dicapai selama ini dengan melaksanakan seleksi untuk menjaring calon-calon kompetitor terbaik,” kata Andri.

Andri menambahkan, Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan masyarakat secara profesional guna menyediakan tenaga kerja kompetitif dan berkualitas di dunia kerja.

“Pusat Pelatihan Kerja DKI juga turut berkontribusi menyumbangkan banyak alumninya menjadi peserta Selekda ASC Ke-XIII Tahun 2022,” tandas Andri. (hop)