Kastara.ID, Mandalika – Pembalap muda asal Indonesia, Fadillah Arbi Aditama, yang tahun ini berlaga di kejuaraan FIM Junior GP, akan meramaikan Moto3 Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Aditama mendapat wildcard dari Honda Team Asia, akan tampil satu tim dengan seniornya dari Indonesia, Mario Aji.

Pembalap muda Indonesia, Fadillah Arbi Aditama akan berpartisipasi di Grand Prix Indonesia sebagai bagian dari program Astra Honda Motor, mendukung para bintang baru untuk bersaing di Grand Prix.

Berada dalam struktur promosi yang sama dengan Mario Suryo Aji yang membalap di kelas Moto3, ini akan menjadi pertama kalinya dua pembalap Indonesia berlaga di balapan yang sama di kelas yang sama.

Astra Honda Motor mengumumkan Fadillah Arbi Aditama, salah satu pembalap pendatang baru dari tim balap Astra Honda, akan berlaga di bawah Honda Team Asia di Grand Prix Indonesia sebagai wildcard, yang akan berlangsung 13-15 Oktober 2023.

Lahir di Purworejo, Jawa Tengah, pada 14 Juli 2005, Fadillah Arbi Aditama menjadi orang Indonesia pertama yang memenangi balapan di seri FIM Junior GP di Catalunya, Spanyol.

“Kiprahnya di ajang FIM Junior GP merupakan bagian dari upaya pengembangan balap berjenjang yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengembangkan potensi pembalap muda Indonesia agar bisa memasuki kejuaraan dunia bergengsi MotoGP,” jelas informasi resmi dari laman Honda Team Asia.

Hiroshi Aoyama yang menduduki kursi manajer tim sangat senang menyambut Aditama.

“Dengan gembira kami umumkan bahwa pembalap Astra Honda Motor, Arbi Aditama akan melakukan wildcard di Mandalika bersama kami. Dia telah berpartisipasi di FIM Junior GP, meraih kemenangan luar biasa di balapan Catalunya. Ini akan menjadi partisipasi pertamanya di Grand Prix. Jadi, ini akan menjadi pengalaman baru baginya. Selain itu, dia akan melakukannya di GP kandangnya. Itu berarti ekspektasinya dan fansnya akan tinggi. Saya senang memberinya kesempatan ini, dan saya ingin dia mendapatkan pengalaman luar biasa untuk membantu kariernya. Saya harap dia akan menikmati akhir pekan ini,” tandas mantan pembalap MotoGP asal Jepang itu.

Dengan kiprah debut Arbi Aditama di Moto3, maka Honda Team Asia akan menurunkan total tiga pembalap akhir pekan ini untuk kelas Moto3. (tra)