Rizky Arkananta

Kastara.ID, Depok – Forum Anak Kelurahan Cilangkap meraih juara pertama Lomba Mural pada Festival Anak Kecamatan Tapos yang digelar belum lama ini. Prestasi tersebut dapat diraih berkat kesuksesan dalam memadukan konsep antara budaya dan nusantara pada karya yang dibuatnya.

Ketua Forum Anak Kelurahan Cilangkap, Rizky Arkananta mengatakan, kebudayaan menjadikan daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Begitu pula Jawa Barat (Jabar) yang mempunyai beragam kebudayaan, salah satunya Tari Merak .

“Tari Merak merupakan ikon tarian kreasi yang mengekspresikan kehidupan binatang yaitu burung merak,” tuturnya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (8/12).

Rizky menjelaskan, ada juga Wayang Golek Purwa yang khusus membawakan cerita Mahabarata dan Ramayana dengan pengantar bahasa Sunda. Kemudian Gedung Sate yang merupakan identitas di Provinsi Jabar.

Sedangkan Kota Depok, ujar dia, juga memiliki ikon berupa buah belimbing. Terdapat juga bentangan bendera Merah Putih yang melambangkan nasionalisme dan laut yang menggambarkan, Indonesia merupakan negara maritim.

“Semuanya kami padukan sehingga terbentuk gambar yang memadukan Budaya dan Nusantara. Terima kasih kepada Bapak Lurah Cilangkap dan semua yang mendukung kami,” pungkasnya. (dha)