Disabilitas

Kastara.ID. Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono berkeinginan agar dalam momentum Hari Disabilitas Internasional (HDI) semua aspek pembangunan harus dapat dirasakan oleh semua masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. Oleh karenanya, ujar dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menyediakan fasilitas yang ramah terhadap warga disabilitas.

“Warga disabilitas sangat penting bagi pembangunan daerah, untuk menciptakan Depok bergerak bersama membangun Kota Inklusi yang maju, berbudaya dan sejahtera,” kata Imam usai menghadiri Peringatan HDI di Wisma Hijau, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (9/12).

Imam menyebut, penyediaan infrastruktur yang ramah bagi penyandang disabilitas harus dikedepankan agar mereka seperti pengguna kursi roda dapat mengakses fasilitas publik tersebut. Misalnya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) depan Balai Kota Depok tidak dapat diakses oleh warga disabilitas maupun lansia. Maka dibuatkan jalan di bawahnya agar bisa diakses pengguna kursi roda dan lansia.

“Juga dalam pembangunan gedung harus dilengkapi dengan lift, toilet ramah disabilitas. Termasuk sektor bisnis seperti hotel agar juga menyediakan fasilitas ramah disabilitas, lansia dan juga gender,” jelasnya

Selain fasilitas fisik, Pemkot Depok melalui Dinas Sosial (Dinsos) juga berupaya maksimal dalam pembinaan warga disabilitas. Yakni dengan rutin memberikan pembinaan, pelatihan, perlindungan dan pemberdayaan kepada mereka.

“Terus bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk memberikan bantuan alat bantu kepada warga disabilitas yang membutuhkan,” kata Imam.

“Dinsos luar biasa, anggaran kita terbatas namun tetap terus berkerja mengupayakan kesejateraan warga disabilitas. Tidak lupa saya mengingatkan kami mempunyai Kartu Depok Sejahtera (KDS) untuk membantu meringankan beban warga prasejahtera, termasuk bagi warga disabilitas,” ungkapnya.

“Saya pribadi sejak tahun 2012 sudah berkecimpung dalam pembinaan disabilitas. Saya pembina National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Jawa Barat, sempat menghantarkan atlet-atlet disabilitas ke ajang bergengsi tingkat nasional hingga internasional. Bisa dilihat komitmen saya terhadap pembinaan warga disabilitas ini,” tutupnya. (dha)