Lebaran Sehat

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggelar webinar Lebaran Sehat Bersama Keluarga dengan Aromaterapi dan Produk Herbal.

Bertindak sebagai narasumber dalam webinar ini Owner Varash dan Owner Rosevara, I Putu Eka Suryawan; serta Presiden Direktur PT Mahkotadewa Indonesia, Ning Harmanto. Adapun materi pada webinar ini yakni tentang produk olahan aromaterapi/essential oil dan produk olahan tanaman herbal.

Tema ini dipilih didasari dengan sering timbulnya gangguan kesehatan di masyarakat pada saat maupun pasca Lebaran. Maka itu, webinar ini sekaligus memberikan tips Lebaran sehat bersama keluarga dengan pola makan yang sehat dan menggunakan bahan-bahan alami dalam rangka menjaga imunitas dan kesehatan keluarga.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya cara memanfaatkan produk-produk dan mengolah tanaman herbal yang sebenarnya memiliki fungsi sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga.

“Banyak menjadi keluhan dari bulan puasa kita membatasi makan, kemudian saat atau pasca Lebaran kita tidak menjaga atau mengatur pola makan sehat sehingga memicu penyakit seperti kolesterol meningkat, asam urat, darah tinggi, dan diabetes. Padahal sesungguhnya bumbu dasar kita yang kita pakai yang bisa membuat badan kita lebih sehat lagi,” ujarnya (10/5).

Sementara Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati menambahkan, ada tiga hal yang biasa menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat pada saat maupun pasca Lebaran yaitu, gangguan kesehatan akibat kelelahan, gangguan kesehatan kronis karena pola makan tidak sehat, dan gangguan kesehatan karena kurangnya kebersihan di lingkungan.

Gangguan kesehatan akibat kelelahan biasa dialami masyarakat karena pada saat Lebaran banyak kegiatan yang harus dikerjakan sendiri di mana asisten rumah tangga pulang kampung atau libur sedangkan kegiatan harus tetap dilaksanakan. Terlebih, masyarakat yang mudik dengan jarak yang jauh sering menimbulkan kelelahan yang memicu beberapa penyakit.

“Ada juga gangguan kesehatan kronis karena pola makan pada saat Lebaran, biasanya banyak makanan yang manis, berlemak, mengandung garam tinggi sehingga kejadian seperti kolesterol yang meningkat, asam urat, darah tinggi hingga diabetes,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk gangguan kesehatan karena kurangnya kebersihan lingkungan dipicu oleh banyaknya aktivitas pada saat Lebaran, banyak makanan yang berlebihan sampai basi dan lain-lain. Sehingga menimbulkan gangguan kesehatan seperti diare, tipes, keracunan makanan, DBD, dan sebagainya.

“Kita bisa menggunakan esensial oil sebagai penyegar ruangan sesuai dengan anjuran dan kebutuhan. Dengan adanya webinar kita harapkan dapat diterapkan pola hidup yang sehat baik dari segi konsumsi maupun higienitas ruangan sehingga bisa melewati Lebaran bersama keluarga dengan bahagia,” tandasnya. (hop)