Kastara.ID, Mugello — Pembalap asal Spanyol, Alex Rins, terjatuh di awal Sprint Race MotoGP Italia  yang berlangsung di Sirkuit Mugello, kemarin (10/6).

Sayangnya, kecelakaan tersebut diwarnai cedera parah yang menyebabkan pembalap satelit LCR Honda Castrol itu menderita patah kaki kanan. Rins mengalami patah tulang tibia dan fibula kaki kanannya.

Dia segera menjalani operasi pada Sabtu malam. Rins dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Careggi di Florence setelah insiden tersebut, di mana dia menerima perawatan medis.

“Alex Rins mengalami patah tulang tibia dan fibula. Pembalap akan menjalani operasi pertama malam ini di Rumah Sakit Universitas Careggi (Florence), di mana dokter akan memasang fiksator eksternal untuk menstabilkan kaki kanannya dan mengurangi pembengkakan. Dia akan tetap berada di sana di bawah pengawasan, dan setelah dibersihkan, dia akan kembali ke Spanyol untuk menjalani operasi terakhir,” ungkap tim LCR melalui media sosialnya.

Dengan cedera berat ini, Rins dipastikan tak akan tampil di sisa balapan MotoGP Italia. Rins juga akan absen di dua balapan selanjutnya, MotoGP Jerman dan MotoGP Belanda yang akan datang. Diharapkan Rins semoga cepat sembuh.

Selain Rins, pembalap Honda lainnya, Joan Mir (Repsol Honda) juga gagal tampil di Mugello karena cedera.

Mir terjatuh sehari sebelumnya dan menderita cedera pada jari kelima tangan kanannya, usai crash di sesi Latihan 2. (tra)