Yonif 125/Si’mbisa

Kastara. ID, Merauke – Bekerja sama dengan Puskesmas Sota dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, Satgas Yonif 125/Si’mbisa menggelar pelayanan kesehatan terpadu bagi para lansia perbatasan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (10/7). Diungkapkan Dansatgas, pelayanan ini sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga perbatasan sekaligus mempererat tali silaturahmi.

“Pelayanan Kesehatan Terpadu bagi para Lansia di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, dilaksanakan pada Kamis (9/7),” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi Lansia ini melibatkan empat orang personel Satgas dari Pos Yanggandur dipimpin Sertu Darius P. Saragih bekerja sama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Sota dan Pustu Yanggandur.

“Selain melaksanakan pelayanan pengobatan dan konsultasi kesehatan bagi para Lansia, kita juga mengimbau kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, selalu menjaga kesehatan, peduli kebersihan diri dan lingkungan agar tidak mudah terserang penyakit,“ terang Anjuanda.

Menurut Anjuanda, personel Satgas selain bertugas menjaga pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain di antaranya membantu kesulitan warga sebagai perwujudan dari kegiatan pembinaan teritorial.

“Kegiatan ini pula sebagai wujud terciptanya hubungan tali silaturahmi antara anggota Satgas dengan warga di perbatasan,” tandasnya.

Kehadiran Satgas di Kampung Yanggandur ini mendapatkan respons positif dari warga, salah satunya Leonora Dimar (48), warga Kampung Yanggandur, mengucapkan terima kasih kepada Satgas atas pelayanan kesehatan ini.

“Selama ini bapak Satgas sudah banyak membantu di kampung ini. Warga sering datang berobat ke Pos, bahkan kalau kami datang di malam hari pun tetap dilayani,“ tutur Leonora.

Sementara itu, Indah Pirnasari (26), petugas kesehatan dari Pustu Yanggandur mengungkapkan bahwa pelayanan kesehatan kali ini difokuskan bagi para Lansia.

“Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang telah diprogramkan pemerintah kepada Lansia dalam mewujudkan Indonesia sehat,” urainya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pos Yanggandur atas partisipasinya yang telah membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di Kampung ini, “pungkasnya.

Turut hadir dalam pelayanan kesehatan ini dr. Indra Sari Nainggolan (32) dan Maria Serafina Gebze (37) dari Puskesmas Sota. (wepe)