Narkoba

Kastara.ID, Depok – Sebanyak 70 murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan warga sekitarnya yang berada di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, peduli menjaga warga dan lingkungannya dari bahaya pengaruh narkoba.

Tidak terkecuali para pelajar yang bersekolah di lingkungan Mekarjaya. Salah satu upaya yang dilakukan Kelurahan Mekarjaya dengan menggagas Sosialisasi Antinarkoba.

Lurah Mekarjaya Zaenal Arifin mengatakan, sosialisasi ini melibatkan banyak unsur masyarakat. Bukan hanya Badan Narkotika Nasional (BNN) Depok, dari Kejaksaan juga ada, akan tetapi melibatkan unsur tiga pilar bersama tokoh agama.

“Kita mengetahui pelajar merupakan salah satu segmen sasaran para pengedar. Karena itu, kami jaga betul-betul warga di wilayah ini, khususnya pelajar agar tahu bahaya penyalahgunaan narkoba,” kata Zaenal usai Sosialisasi Antinarkoba di SMP Tugu Ibu, Kelurahan Mekarjaya, Jumat (11/10).

Dikatakannya, kegiatan perdana itu diikuti sebanyak 70 pelajar dari lima sekolah yang ada di wilayah Mekarjaya. Yaitu SMP dan SMA Tugu Ibu, SMP Negeri (SMPN) 4 Depok, SMPN 22 Depok, dan Madrasan Tsanawiah (MTs) Al Kautsar.

“Para peserta mendapatkan beragam materi tentang pengenal jenis-jenis narkotika. Selain itu, ada momen berbagi pengalaman, agar suasana sosialisasi tidak terlalu kaku,” paparnya

Kasubsi Ekonomi, Keuangan dan Pengamanan Pembangunan Strategis Kejari Depok Alfa Dera
menjelaskan, kegiatan ini mengangkat tema Meningkatkan Generasi Muda Yang Berjiwa, Berfikir, Berinovasi Tanpa Narkoba dan Hindari Narkoba Untuk Masa Depan Yang Gemilang. Pihaknya juga menjelaskan dampak buruk yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba.

Alfa Dera menambahkan, pada kegiatan ini yang dibahas berbagai materi dan penyuluhan langsung terhadap hukumannya bila seseorang terlibat narkotika, zat adiktif dan berbagai jenis narkoba kepada pelajar serta warga untuk menjauhi hukum dan memahami hukum bila terjerumus ke dunia narkoba. (*)