Irmansyah

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sosial DKI Jakarta telah menyiapkan bantuan yang diperlukan bagi korban banjir sebagai salah satu langkah antisipatif menghadapi musim hujan.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah mengatakan, logistik bantuan dan dapur umum juga telah disiagakan dan dipastikan bisa dimanfaatkan warga yang membutuhkan atau terdampak.

Selain itu, Dinsos juga menyediakan Posko Siaga Bencana di lima wilayah. Rinciannya Posko Siaga Bencana di Jakarta Timur berada di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jakarta Pusat berlokasi di Jalan AM Sangaji, Jakarta Selatan di Jalan Margaguna, Jakarta Barat di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, dan di Jakarta Utara terdapat di Jakarta Islamic Center.

“Berdasarkan hasil koordinasi di tingkat provinsi kemungkinan di akhir Oktober mulai masuk musim hujan. Kita sudah siap untuk itu, termasuk untuk dukungan logistik,” ujarnya, Kamis (10/10).

Irmansyah menjelaskan, selain kebutuhan logistik, pihaknya juga menyiagakan seluruh SDM, baik Aparatur Sipil Negara (ASN), Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP), maupun Tagana untuk membantu warga saat dibutuhkan.

“Jumlah Tagana DKI Jakarta saat ini mencapai 1.600 personel. Mereka akan didukung dengan ASN dan PJLP yang berjumlah sekitar 750 orang. Kami juga siap memberikan bantuan psikososial bagi warga yang mengalami trauma,” tandasnya. (hop)