Headline

Eksodus Warga Afghanistan Menuju Iran

Kastara.ID, Jakarta – Komandan perbatasan untuk Provinsi Nimroz Mohammad Hashem Hanzaleh, menjelaskan kepada AFP pekan ini, jumlah orang yang berusaha menyeberang telah melonjak menjadi antara 3.000 dan 4.000 setiap hari.

Jumlah warga Afghanistan yang berusaha melintasi perbatasan ke Iran melonjak sejak Taliban berkuasa hampir dua bulan lalu, tetapi hanya sedikit yang berhasil untuk menyeberang, kata seorang pejabat.

Sebelum Taliban berkuasa pada 15 Agustus, sekitar 1.000 hingga 2.000 orang menyeberang ke Iran melalui stasiun perbatasan Zaranj di provinsi barat daya Nimroz setiap bulan.

Kenaikan itu terjadi ketika krisis ekonomi dan kemanusiaan melanda Afghanistan. PBB memperingatkan, sepertiga dari populasi Afghanistan kini menghadapi ancaman kelaparan.

Selain itu, Hanzaleh menjelaskan sangat sedikit yang memiliki dokumen persyaratan untuk menyeberang. Pedagang dan orang-orang yang memiliki visa tinggal, serta mereka yang memiliki visa untuk mencari perawatan medis, “tidak dilarang oleh pasukan Iran,” kata Hanzaleh. Sejauh ini sekitar 5-600 orang diizinkan melintas setiap hari.

Hayatullah, mengenakan sorban seperti handuk dan janggut abu-abu, memamerkan tangannya yang terluka, dengan darah gelap merembes melalui perban. “Tentara Iran mengambil uang kami. Mereka memukul tangan kami, mereka merobek tangan kami,” jelasnya seperti dilansir dari laman Al Arabiya (10/10).

Mohammad Nasim menjelaskan, dia telah digagalkan tiga kali setelah mencoba memanjat tembok perbatasan. Dua malam sebelumnya, dia mengatakan penjaga perbatasan Iran melepas tembakan dan membunuh dua orang yang mencoba menyeberang, termasuk salah satu temannya.

Hal tersebut tidak menghentikannya untuk kembali pada malam berikutnya. Tapi dia kemudian ditangkap dan dipukuli karena mencoba menyeberang tanpa dokumen. “Jika Anda melihat kemiskinan, kelaparan, dan kesengsaraan bangsa sendiri, maka Anda juga akan berusaha pergi ke sisi lain perbatasan,” tuturnya. (har)

Leave a Comment

Recent Posts

Program KDS Pendidikan Untuk Warga Yang ber KTP Depok

Kastara.Id,Depok - Program Pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) bukan untuk satu golongan,…

Imam – Ririn Pilkada Depok 2024 Sudah Mantap 99 Persen

Kastara.Id,Depok - Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar Depok resmi mengusung Imam Budi…

KBBI Wadah Untuk Jaring Aspirasi Warga Kota Depok

Kastara.Id,Depok - Program Nyentil Imam merupakan wadah menjaring aspirasi dan masukan untuk warga Depok yang…

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…