Kepala Seksi Pembinaan dan Pemanfaatan Suku Dinas Kebudayaan Kepulauan Seribu, Triyadi Purnomo mengatakan, lomba yang baru kali pertama diadakan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknik bermusik generasi muda serta wadah penyaluran bakat warga.

“Selama ini kita selalu mengundang band dari daratan. Sementara generasi muda di pulau juga banyak yang tertarik dengan seni musik,” katanya, Rabu (11/10).

Triyadi menerangkan, peserta grup band yang mengikuti lomba ini akan diberikan kebebasan menampilkan musik, baik itu tradisional maupun modern.

Adapun persyaratan dalam ajang ini antara lain setiap peserta merupakan warga ber-KTP Kepulauan Seribu, jumlah peserta dalam satu grup band maksimal delapan dan para peserta berusia dari 13-40 tahun.

“Menjelang perlombaan, para peserta wajib mengikuti pengarahan pada 30 Oktober yang akan diinfokan panitia,” terang Triyadi.

Ia menambahkan, terkait materi lomba ini para peserta wajib membawakan dua lagu yang terdiri dari satu lagu wajib nasional dengan tema perjuangan dan satu lagu pilihan.

Khusus lagu pilihan, peserta dapat memilih lagu ciptaan Ismail Marzuki berjudul Kopral Jono, Juwita Malam dan Ibu Pertiwi atau lagu Pulau Seribu dari Tony Q Rastafara.

“Mereka juga bisa membawakan lagu pilihan ciptaan sendiri dengan wajib menyerahkan lirik lagu ciptaan tersebut kepada pihak panitia penyelenggara saat technical meeting nanti,” jelasnya.

Triyadi menyampaikan, para peserta lomba akan diberikan kelebihan fasilitas seperti alat musik band standar seperti dua gitar elektrik, satu gitar akustik elektrik, satu keyboard, satu bass hingga satu drum set. Kemudian, mereka juga akan difasilitasi transportasi berupa satu kapal di tiap kelurahan.

Dalam ajang ini, pihaknya menyiapkan hadiah bagi juara pertama sebesar Rp 12,5 juta, juara kedua Rp 10 juta dan juara ketiga Rp 8,5 juta. Hadiah tersebut rencananya akan diserahkan saat HUT Kepulauan Seribu.

“Warga Kepulauan Seribu sudah bisa mendaftarkan band unggulannya di laman https://bit.ly/pendaftaran-festival-music-band atau menghubungi nomor telepon yang tertera di media sosial kita,” tandasnya. (hop)