Ternak Berdaya

Kastara.ID, Gresik – Untuk kedua kalinya Lazis PJB Gresik menggandeng Dompet Dhuafa (DD) Jatim untuk menyalurkan zakat kepada para mustahik. Penyaluran zakat kali ini diwujudkan dalam bentuk program Ternak Berdaya (10/12). Dana zakat diwujudkan dalam bentuk hewan ternak domba sebanyak 60 ekor dan dibagikan kepada 20 mustahik di wilayah Gresik. DD Jatim berperan mendampingi dan mengawasi hewan-hewan ini agar dapat berkembang biak dengan baik hingga menjadi sumber pendapatan untuk para mustahik.

Mewakili Lazis PJB Gresik, Abah Zainal mengatakan, bantuan ini berasal dari dana zakat dari para karyawan PT PJB Gresik. “Harapannya program ini mampu menjadi tambahan pendapatan sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan bisa beribadah dengan baik. Kami juga ucapkan terima kasih kepada DD Jatim yang sudah membantu penyaluran ini ke mustahik,” katanya.

Program Ternak Berdaya ini dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing kelompok menerima 15 ekor domba dengan rincian dua ekor penjantan dan 13 ekor betina dengan jumlah penerima manfaat lima orang. Titik penyaluran berada di daerah Kebomas, Bungah dan Dukun, Kabupaten Gresik. Dibuatnya model kelompok untuk mempermudah pengawasan dan penjagaan.

Sementara pimpinan cabang DD Jatim, Kholid Abdillah mengatakan, mewakili DD Jatim yang dipercaya oleh Lazis PJB Gresik mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya. “DD Jatim berusaha untuk amanah mengelolanya, mulai dari pemilihan penerima manfaatnya sampai dengan goal dari program,” jelasnya.

“Kami ucapakan terima kasih pak, atas bantuan yang diberikan oleh Lazis PJB Gresik dan Dompet Dhuafa, mudah mudahan program ekonomi ini berjalan dengan lancar,” pungkas Ali salah satu peternak yang memperoleh bantuan program Ternak Berdaya. (ant)