Sekda

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan tiga kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) lolos seleksi terbuka. Hal tersebut tertuang dalam Pengumuman Nomor 11/2020.

Ketiga kandidat yang dinyatakan lolos di antaranya Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, Penjabat Sekda DKI Jakarta Sri Haryati, dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir menyebut tiga nama kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) yang tersisa akan diserahkan untuk dipilih Tim Penilaian Akhir (TPA) Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“TPA di Presiden RI untuk menentukan satu terbaik dari tiga (calon) terbaik yang diusulkan Pemda DKI Jakarta,” ujar Chaidir kepada wartawan, Jumat (11/12).

Menurut Chaidir, tiga nama yang diserahkan Jokowi merupakan hasil rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Tiga kandidat tersebut juga sudah dinyatakan lulus seleksi terbuka dan memenuhi syarat dengan nilai skor akhir kurang lebih 75,00.

“Pengumuman tersebut (tiga calon) sudah direkomendasi KASN dan sudah disampaikan ke Kemendagri, selanjutnya ke presiden,” tuturnya.

“Pemda DKI Jakarta tinggal menunggu keputusan dari tiga terbaik, siapa di antaranya yang menjadi Sekda definitif yang akan dituangkan dalam Keppres,” imbuhnya.

Chaidir menjelaskan, nantinya satu orang yang terpilih itu akan dicantumkan dalam Surat Keputusan Presiden. SK dari Jokowi tersebut akan diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“SK Presiden akan diserahkan ke gubernur untuk dilanjutkan pelantikan oleh gubernur dan atau Menteri Dalam Negeri,” tutur Chaidir.

Sebagai informasi, jabatan Sekda DKI Jakarta kosong setelah ditinggal Saefullah yang meninggal dunia usai terpapar Covid-19 pada 16 September lalu. Pemprov kemudian menggelar seleksi terbuka untuk menempati salah satu posisi strategis di jajaran Pemprov Jakarta. (hop)