Kastara.ID, Depok – Duka mendalam dirasakan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat mendengar kabar meninggalnya Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam usia 59 tahun di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jumat (10/12) siang. Usai menunaikan agenda kegiatan hari Jumat di Kota Depok, Imam langsung bertolak ke Kota Bandung untuk melakukan takziah ke Pendopo Wali Kota Bandung untuk menyalatkan dan memberikan penghormatan terakhir untuk Mang Oded, sapaan akrab Wali Kota Bandung.

“Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Bapak Wali Kota Depok, dan atas nama pribadi, kami menyampaikan turut berduka cita yang dalam. Saya langsung berangkat ke Bandung untuk takziah. Dan saat sampai di sini, saya langsung melaksanakan salat jenazah untuk almarhum Mang Oded Wali Kota Bandung,” ujar Imam dalam keterangan tertulis yang dilansir laman resmi Pemkot Depok.

Imam pun meyakini almarhum Mang Oded meninggal dalam keadaan husnul khatimah karena mengembuskan napas terakhirnya di waktu dan saat yang baik. Dia menceritakan, Mang Oded jatuh pingsan selepas menunaikan salat sunah. Almarhum pingsan sebelum ingin menaiki mimbar untuk menjadi khatib salat Jumat di Masjid Raya Mujahidin.

“Semua orang pasti iri cerita tentang itu. Insya Allah husnul khatimah,” tutur Imam.

Imam sempat mengenang kebersamaan dengan Mang Oded. Imam sudah sangat lama mengenal Mang Oded sebagai sosok yang sederhana.

“Saya kenal sangat lama dulu pernah jual es lilin, pribadinya santun, merakyat dan hangat. Saya sesama kepala daerah merasakan kehilangan beliau, apalagi kami satu partai beliau sebagai Ketua MPW PKS Jawa Barat,” kata Imam.

Imam pun meminta masyarakat untuk mendoakan kepergian almarhum agar diampuni khilaf dan diterima iman Islamnya. “Saya berdoa semoga Allah SWT menerima iman Islam beliau, amal ibadah dan mengampuni segala dosanya, amin,” tutup Imam. (dha)