Kastara.ID, Madrid — Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez, akhirnya berganti tim setelah 11 tahun dengan Repsol Honda.

Mulai 2024 ini Marquez akan membalap untuk tim satelit Gresini Racing, menggunakan motor Ducati, yang menjadi mesin terbaik di grid MotoGP saat ini.

Sebelumnya, Marquez selalu mengatakan dengan jelas kepada Honda, bahwa jika mereka tidak memberinya motor pemenang, dia akan mencari motor yang bisa bersaing dengannya.

Dan sekarang Marquez akhirnya melakukan hal itu, dia pindah ke pabrikan lain.

“Berganti tim adalah sebuah langkah dalam karir olahraga saya untuk mencari solusi, karena menunggu tidak membawa Anda ke mana-mana,” ungkap Marquez yang dilansir Motosan.es.

“Anda harus mengambil langkah-langkah dan itulah yang telah saya lakukan dalam karir olahraga saya untuk terus menikmatinya, untuk dapat melanjutkan karir saya,” imbuh Marquez.

Marquez pindah ke Gresini hanya untuk satu tahun, sementara untuk tahun 2025 masih belum jelas.

“Untuk tahun depan, 2025, tidak ada yang dibicarakan dengan siapa pun. Saya harus menilai situasi apa yang terbaik, selama saya bagus di lintasan dan ada performa yang bagus,” tandas Marquez.

Tes pertama dengan Ducati berjalan lancar bagi Marquez, yakni di Sirkuit Valencia beberapa waktu yang lalu.

“Itu adalah tes yang bagus, hari pertama setelah sekian lama mengendarai motor dan gaya berkendara yang sama. Banyak perbincangan tentang senyuman yang terlihat setelah melepas helm dan itu adalah senyuman ketenangan, bisa keluar dengan motor lain dan melihat bahwa saya tahu cara mengendarai motor lain,” pungkas Marquez.

Marquez akan bertandem dengan adiknya sendiri, Alex Marquez di tim Gresini Racing. (tra)