Abnon Jakpus

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat akan membangun sumur resapan besar di Jalan Bungur Raya, sebagai upaya meminimalisir genangan di lokasi tersebut.

Plh Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, banjir yang sempat menggenangi Jalan Bungur Raya beberapa hari lalu, merupakan imbas dari meluapnya Kali Ciliwung yang tak tertampung oleh saluran drainase di sekitar jalan tersebut.

“Solusinya, kami akan bangun sumur resapan besar di depan kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sumur resapan ini berfungsi menyalurkan air hujan dan mengantisipasi meluapnya air Kali Ciliwung,” katanya (11/2).

Sementara untuk menangani genangan di wilayah Petamburan dan Jalan Industri, kata Irwandi, pihaknya sudah menambah unit pompa air berkapasitas 500 hingga 1000 liter per detik.

“Penambahan unit pompa berbuah hasil memuaskan. Hujan lebat yang mengguyur beberapa hari lalu, hanya sekitar dua hingga lima persen terjadi genangan di Jakarta Pusat dan bisa ditangani kurang dari dua jam,” pungkasnya. (hop)