PMK

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menerangkan pihaknya optimis bahwa Indonesia akan bisa segera masuk transisi endemi, bila 2-3 minggu pasca Idul Fitri tidak ada kenaikan kasus Covid-19.

“Taruhannya yaitu setelah Liburan ini, kalau setelah Idul Fitri dua minggu atau tiga minggu nanti tidak ada kenaikan kasus. Maka kita optimis segera masuk transisi ke endemi,” ujar Muhadjir menegaskan, dalam siaran persnya, Kamis (12/5).

Menurut Muhadjir, telah terdapat tanda-tanda Indonesia masuk transisi ke endemi. Antara lain kasus Covid-19 yang mulai melandai, angka kematian yang menurun. Bahkan, tingkat occupancy rate di rumah sakit juga menurun.

“Intinya itu dilihat dari pertama angka kasus, kasus aktif, kemudian positif ratenya berapa. Kemudian tingkat occupancy rate rumah sakit, kemudian angka kematian ya angka kematian,” ujar Muhadjir.

Di samping itu, Muhadjir menuturkan angka kematian disebabkan Covid-19 saat ini sudah berada pada ranking 14. Seperti penyakit-penyakit yang ada. Di antaranya kanker, jantung koroner, sampai stroke. (ant)