Pilpres 2024

Kastara.ID, Jakarta – Anies Baswedan memang calon primadona pada Pilpres 2024. Karena itu, banyak calon yang ingin digandengkan dengan Anies.

Puan Maharani, salah satu calon yang diprediksi bannyak pengamat akan menang pada Pilpres 2024 bila dipasangkan dengan Anies. Prediksi tersebut berdasarkan hasil komparasi bila Puan dipasangkan dengan Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

Demikian diungkapkan Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta M Jamiluddin Ritonga kepada Kastara.ID, Kamis (12/8) pagi.

Menurut pria yang kerap disapa Jamil ini, memang untuk saat ini siapa pun yang dipasangkan dengan Anies akan terdongkrak elektabilitasnya. “Sebab, sosok Anies saat ini seperti sosok Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009 dan Joko Widodo tahun 2014, yang dipasangkan dengan siapa pun berpeluang menang sangat besar,” paparnya.

Hanya saja, Anies tampaknya tidak pas dipasangkan dengan Puan. Sebab, mayoritas pendukung fanatik Anies pada umumnya tidak menyukai PDIP, termasuk Puan.

Sebaliknya, pendukung Puan yang memang masih rendah elektabilitasnya, pada umumnya juga tidak menyukai Anies. Termasuk kader PDIP juga pada umumnya tidak menyukai Anies.

“Jadi, kalau Anies dan Puan dipasangkan, maka elektabilitas duet ini justru akan turun. Pendukung Anies dan Puan berpeluang besar akan menarik dukungannya sehingga merugikan Anies dan Puan sendiri,” jelas Jamil yang juga penulis buku Riset Kehumasan ini.

Berbeda halnya bila Anies berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), para pendukungnya tidak terlibat konflik. Pendukung Anies dapat menerima AHY, sementara pendukung AHY sangat menerima Anies.

Jadi, lanjut Jamil, kalau Anies berpasangan dengan AHY, elektabilitas duet ini berpeluang akan meningkat. “Hal itu sudah ditunjukkan oleh hasil survei terakhir yang menunjukkan elektabilitas Anies-AHY paling tinggi dibandingkan duet lainnya,” tandas mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta ini.

Elektabilitas Anies-AHY diperkirakan akan terus meningkat bila duet ini tidak melakukan kesalahan fatal hingga 2024. Karena itu, sudah saatnya partai lain mengelus dan menjaga duet Anies-AHY agar tidak terjerumus pada hal-hal yang fatal.

“Partai Demokrat, PKS, Nasdem, PPP, dan PAN, kiranya dapat menjaga duet tersebut dan mengusungnya pada Pilpres 2024. Duet ini tampaknya menjadi harapan rakyat yang kecewa terhadap Jokowi dan Prabowo,” pungkas Jamil. (dwi)