Kastara.ID, London – Mengakhiri musim 2022 yang lalu, pabrikan Jepang, Honda, menghabiskan musim kompetisi di MotoGP tanpa satupun kemenangan. Bahkan, kondisi sulit ini terus berlanjut sampai sekarang.

Presiden HRC, Koji Watanabe, mengakui bahwa Honda di MotoGP saat ini sedang dalam kondisi yang sangat sulit. Pihaknya bersiap untuk bangkit, namun tentu butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengejar ketertinggalan.

Watanabe juga memaparkan penyebab Honda menghadapi situasai yang amat sulit ini.

“Sulit untuk menentukan penyebabnya, tapi menurut saya salah satu alasannya adalah kami belum melakukan perubahan drastis dalam metode kerja kami, karena penampilan kami sebelumnya,” kata Watanabe kepada media Jepang, Shueisha Shinsho dan dilansir Motosan.es.

“Kami sedang berusaha, tapi alih-alih mengubah cara kami melakukan sesuatu, kami telah bergerak maju dengan pengembangan secara kumulatif. Kami berkembang selangkah demi selangkah, tapi pesaing kami mungkin mengubah metode mereka dengan perkembangan yang lebih drastis. Akibatnya, sementara pesaing kami membuat langkah besar, kami membuat kemajuan secara kumulatif, dan saya pikir itulah mengapa tiba-tiba ada perbedaan,” tandasnya.

Honda mengakui mereka sedang berada dalam situasi yang buruk. “Cara menumpuk metode konvensional untuk membuat prototipe kendaraan nyata dan mendengar umpan balik bukanlah hal yang buruk, tentu saja, tapi mungkin kita memerlukan cara untuk menggunakan lebih banyak data,” imbuh Watanabe.

“Saya merasakan bahaya yang besar. Grup Honda secara keseluruhan menganggap situasi saat ini sebagai masalah besar. Termasuk Presiden Honda, Toshihiro Mibe, kami percaya bahwa kami perlu melakukan sesuatu tentang situasi ini secepat mungkin,” jelas Watanabe.

Honda sadar bahwa mereka membutuhkan waktu untuk mengejar ketertinggalan.

“Saya sadar ini tidak akan semudah itu. Saat ini perkembangan MotoGP 2024 sedang mengalami kemajuan pesat, namun dengan banyaknya hal yang harus diputuskan sekarang, apakah kita benar-benar memahami semua kelemahan kita? Jika kami bisa melakukannya dengan benar, kami akan memiliki motor untuk bisa bertarung secara wajar di tahun 2024. Sejujurnya, saya belum bisa mengatakan sebelum ada buktinya,” tandas Watanabe.

Pembalap Marc Marquez dan semua pembalap Honda lainnya masih mengeluhkan motor Honda, belum ada tanda-tanda peningkatan sejauh musim ini. (tra)