Waduk Surilang

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar meminta Suku Dinas Sumber Daya Air agar segera melakukan pengerukan Waduk Surilang di Jalan Surilang RW 01 Kelurahan Gedong, Pasar Rebo.

Anwar mengutarakan hal itu setelah melihat kondisi waduk yang mulai mengalami pendangkalan. Di waduk ini juga banyak ditemukan sampah. Dikhawatirkan, kondisi seperti ini bisa memicu terjadinya genangan di wilayah sekitar saat musim penghujan nanti.

“Waduk Surilang ini menjadi salah satu prioritas untuk dikeruk. Karena ini untuk antisipasi genangan saat musim hujan. Kita minta Sudin SDA secepatnya lakukan pengerukan,” tegas Anwar, saat meninjau waduk (11/9).

Menurutnya, dengan normalisasi maka waduk dapat menampung debit air lebih banyak. Sehingga pemukiman warga di sekitar tidak tergenang.

Camat Pasar Rebo Mujiono menambahkan, Waduk Surilang ini terakhir dikeruk pada tahun 2018 lalu. Sehingga kini terjadi pendangkalan.

“Akses alat berat menuju lokasi memang sangat sempit. Sehingga jika dikeruk harus menggunakan alat berat ukuran sedang,” ucapnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah koordinasi secara intensif dengan warga untuk akses keluar masuk alat berat di permukiman mereka.

“Warga sudah setuju memberikan akses sementara untuk keluar masuk alat berat,” pungkasnya. (hop)