Abdul Aziz

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta Abdul Aziz mengapresiasi pembangunan Masjid Apung di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Pembangunan Masjid Apung yang diinisiasi oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Jaya Ancol tersebut akan menjadi Masjid Apung pertama di Jakarta.

Aziz mengatakan, sarana ibadah tersebut tentu juga sangat dibutuhkan karena Ancol merupakan kawasan pariwisata.

“Saya kira masjid ini nantinya bisa menjadi ikon baru Jakarta, bagus dan unik. Saya sangat mengpresiasi dan senang dengan pembangunan Masjid Apung itu,” ujarnya, Selasa (12/11).

Menurutnya, tempat-tempat ibadah di Jakarta juga bisa dikembangkan menjadi bagian dari wisata religi. Sehingga, semakin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Jakarta.

“Agar memiliki daya tarik tentu tempat ibadah itu harus memiliki desain yang menarik serta memiliki arti atau filosofi tersendiri,” terangnya.

Ia berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKi Jakarta bisa memperbanyak tempat -tempat ibadah ikonik, terutama di lokasi-lokasi destinasi wisata.

“Rumah-rumah ibadah itu bisa juga dibangun dengan sentuhan desain yang menonjolkan kearifan lokal,” tandasnya.

Untuk diketahui, groundbreaking pembangunan Masjid Apung di Ancol dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Sabtu (9/11) bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla.

Pembangunan masjid dengan luas 2.000 meter persegi dan dapat menampung 2.500 jemaah tersebut ditargetkan selesai dalam waktu satu tahun. (hop)