Fokus Depok

Kader Jumantik di Kelurahan Mekarjaya Diminta Diperkuat untuk Antisipasi DBD

Kastara.ID, Depok – Lurah Mekarjaya Zainal Arifin meminta setiap ketua RW di wilayahnya untuk memperkuat kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Hal ini penting dilakukan, karena saat ini sudah memasuki musim penghujan sehingga rentan terjadi penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Memang sudah disampaikan kepada pihak RW, jadi lebih kita tekankan Jumantiknya diperkuat. Kewaspadaan  ditingkatkan dan setiap pertemuan kita imbau terkait dengan DBD ini,” ujar Zainal Arifin, seperti diwartakan situs resmi Pemkot Depok, Jumat (12/10).

Zainal mengatakan, untuk menekan kasus DBD di wilayahnya, beberapa upaya telah dilakukan. Seperti kembali menggerakan kader Jumantik serta kader Poyandu untuk memantau kebersihan rumah warga.

“Kami berharap mereka ikut turun ke rumah-rumah yang kelihatannya rawan jadi  tempat nyamuk berkembang biak,” ungkapnya.

Selain itu, kata Zainal, beberapa RW juga telah melakukan pengasapan (fogging). Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran kasus DBD.

“Dari laporan ada sekitar 14 warga yang terkena DBD. Tapi minggu ini sudah sembuh semua. Laporan terakhir hari Rabu sudah pulang dan sudah sehat,” jelasnya.

Terakhir, dirinya berpesan kepada masyarakat agar selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan begitu, berbagai penyakit yang timbul akibat kurangnya kebersihan dapat dicegah.

“Kami mohon kepada seluruh pihak memperhatikan khususnya terkait kesehatan masyarakat. Pola hidup bersih terus kita gaungkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…