Kelurahan Mekarjaya

Kastara.ID, Depok – Lurah Mekarjaya Zainal Arifin meminta setiap ketua RW di wilayahnya untuk memperkuat kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Hal ini penting dilakukan, karena saat ini sudah memasuki musim penghujan sehingga rentan terjadi penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Memang sudah disampaikan kepada pihak RW, jadi lebih kita tekankan Jumantiknya diperkuat. Kewaspadaan  ditingkatkan dan setiap pertemuan kita imbau terkait dengan DBD ini,” ujar Zainal Arifin, seperti diwartakan situs resmi Pemkot Depok, Jumat (12/10).

Zainal mengatakan, untuk menekan kasus DBD di wilayahnya, beberapa upaya telah dilakukan. Seperti kembali menggerakan kader Jumantik serta kader Poyandu untuk memantau kebersihan rumah warga.

“Kami berharap mereka ikut turun ke rumah-rumah yang kelihatannya rawan jadi  tempat nyamuk berkembang biak,” ungkapnya.

Selain itu, kata Zainal, beberapa RW juga telah melakukan pengasapan (fogging). Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran kasus DBD.

“Dari laporan ada sekitar 14 warga yang terkena DBD. Tapi minggu ini sudah sembuh semua. Laporan terakhir hari Rabu sudah pulang dan sudah sehat,” jelasnya.

Terakhir, dirinya berpesan kepada masyarakat agar selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan begitu, berbagai penyakit yang timbul akibat kurangnya kebersihan dapat dicegah.

“Kami mohon kepada seluruh pihak memperhatikan khususnya terkait kesehatan masyarakat. Pola hidup bersih terus kita gaungkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (dha)