Jambore Pemuda Indonesia (JPI)

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta memberikan pembekalan kepada 14 delegasi yang akan mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tahun 2020.

Pembekalan dilaksanakan di dua lokasi yakni, di Puncak Bogor, Jawa Barat dan Setu Babakan, Jakarta Selatan, mulai 7-12 Desember 2020.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus mengatakan, delegasi ini adalah hasil seleksi dari 105 pemuda dan pemudi DKI Jakarta yang sudah mendaftar via online.

“Ada 14 yang dinyatakan lulus persyaratan administrasi dan ujian seleksi. Mereka berhak mengikuti JPI Tahun 2020 yang diadakan pada 16 September mendatang,” ujarnya (11/12).

Firdaus menjelaskan, untuk materi pembekalan yang diberikan seperti, kebijakan umum pemerintah mengenai pembangunan dan pembangunan kepemudaan; wawasan kebangsaan; kewirausahaan, ekonomi kreatif, prakarya muatan lokal, dan potensi daerah; kebudayaan lokal; kepemimpinan; dinamika kelompok; teknik komunikasi publik; pembangunan karakter; dan teknis pelaksanaan kegiatan.

“Video konten JPI Provinsi DKI Jakarta akan diserahkan 14 Desember mendatang. Pada 16 Desember akan diadakan Zoom meeting wawasan kebangsaan bersama Menpora RI dengan seluruh peserta JPI,” terangnya.

Ia menambahkan, JPI tahun ini diselenggarakan secara virtual karena situasi pandemi COVID-19. Meski demikian, Firdaus optimistis pemuda dan pemudi asal DKI Jakarta tetap bersemangat dan bisa memberikan yang terbaik dalam mengikuti JPI Tahun 2020.

“Para pemuda dan pemudi DKI Jakarta tetap bersemangat dan bisa memberikan yang terbaik. Kalian terpilih mewakili seluruh pemuda di DKI Jakarta, buatlah kami bangga karena diwakili oleh pemuda-pemudi yang berkarakter, aktif, dan tentunya berprestasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, JPI merupakan kegiatan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI setiap tahun dengan melibatkan ratusan pemuda-pemudi terbaik dari 34 provinsi.

JPI bertujuan sebagai upaya peningkatan kapasitas pemuda melalui pendekatan kreativitas muatan lokal dengan menonjolkan nilai-nilai kebudayaan nusantara meningkatkan kepedulian dan partisipasi pemuda dalam pembangunan, dengan harapan dapat meningkatkan nilai-nilai berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air.

Pelaksanaan JPI juga dimaksudkan sebagai bentuk sarana dalam meningkatkan wawasan dan kreativitas pemuda serta memberikan nilai-nilai cinta tanah air melalui kebudayaan dan potensi muatan lokal kedaerahan. (hop)