SMAN 54 Rawa Bunga

Kastara.ID, Jakarta – Usaha tak pernah menghianati hasil. Ungkapan itu dialami Chantika Khairunnisa, siswi kelas XII SMAN 54 Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. Proposal tentang bisnis fashion dari bahan baku benang limbah pabrik yang dibuatnya, terpilih sebagai Juara II dalam ajang Jakbee Pelajar Inspirasi tingkat Provinsi DKI Jakarta (9/12) lalu.

Jakbee atau Jakarta Business Enterpreuner Empowerment (Jakbee) merupakan program dari Baznas Bazis DKI Jakarta untuk merangsang kaum milinel Ibukota mengembangkan kreasi dan menggali potensi menjadi pengusaha, lewat proporal bisnis yang mereka ajukan.

Chantika mengaku, sempat ragu untuk ikut dalam ajang ini. Namun, dorongan dari kedua orang tuanya menjadi api semangat gadis berusia 17 tahun ini untuk mencoba berkompetisi di perhelatan ini.

Proposalnya yang diberi judul ‘Sisa Benang Sustainable Fashion Brand Dalam Mendukung Budaya Konsumsi Pakaian Circular Economy’ ternyata berhasil menyabet juara II di tingkat Provinsi DKI.

“Awalnya tak menyangka akan meraih juara. Saya malah sempat ragu, karena melihat proposal dari peserta lainnya sangat keren,” tutur anak bungsu dari empat saudara pasangan Tubagus Mulyadi dan Devi Purnama Sari ini, Ahas (12/12).

Chantika merasa bersyukur bisa meraih predikat juara, meski bukan yang pertama. Dia mengungkapkan, akan memanfaatkan hadiah uang sebesar Rp 8 juta yang didapat untuk menambah modal pengembangan usaha bisnis fashion khusus wanita yang dirintis bersama ibunya.

“Saya sangat senang mengikuti lomba Jakbee Pelajar Inspirasi ini. Selain bisa interaksi dengan pelajar lainnya yang super inovatif juga menambah pengalaman baru,” pungkas Chantika. (hop)