Stunting

Kastara.ID, Depok – Kurang lebih 11.140 dosis vaksin Covid-19 sudah tiba di Depok. Vaksin ini disimpan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di gedung obat Balai Kota Depok.

Masyarakat di Kota Depok diminta tidak resah atau panik terkait akan adanya pemberian Vaksin Covid-19. Demikian Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita terkait rencana pemberian Vaksin Covid-19.

Novarita mengatakan, pemberian vaksin sedianya akan dilakukan berbarengan dengan sejumlah daerah yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Jika dilihat dari data yang ada, Presiden Joko Widodo akan memulai diberikan vaksin pada 13 Januari 2021. Kalau presiden 13 Januari, mungkin vaksinasi di kabupaten/kota akan dilaksanakan pada 14 Januari atau setelah (presiden divaksinasi),” ujarnya di Gedung Baleka II, Rabu (13/1).

Menurut Nova, vaksinasi adalah proses pemberian vaksin melalui suntikan ataupun diteteskan ke dalam tubuh untuk meningkatkan produksi antibodi seseorang guna menangkal penyakit tertentu. Dalam konteks Covid-19, vaksin yang disuntikkan ke tubuh manusia dapat menciptakan suatu kekebalan tubuh.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Farmasi Depok, Imelda menambahkan, vaksin disimpan dalam suhu antara 2-8 derajat. Vaksin tersebut sebaiknya segera digunakan dan tidak tersimpan terlalu lama di cold chain.  Sebelum disalurkan, maka vaksin akan disimpan di gudang tersebut. Untuk menjaga keamanan maka gudang akan dipantau oleh Satpol PP juga. (*)