Transjakarta

Kastara.ID, Jakarta – PT Transjakarta menambah satu rute lagi untuk mengakomodir penumpang KRL selama adanya perbaikan wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota.

Rute tersebut melayani Stasiun Manggarai-Tosari via Koridor 1 (Blok M-Kota). Sebanyak enam bus disiapkan untuk melayani rute tersebut.

“Enam bus tipe single dengan kapasitas 29 berdiri dan 36 duduk serta satu kursi roda kami pilih di koridor itu, untuk memudahkan pelanggan transit di halte Transjakarta. Ini kami upayakan sebagai bentuk antisipasi lonjakan pelanggan yang ada di Halte Stasiun Manggarai, terutama di jam-jam sibuk sibuk pagi hari mulai pukul 06.00–09.00 dan sore hari pukul 17.00–20.00,” ujar Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, dalam keterangan tertulis, Kamis (13/2).

Dikatakan Nadia, dibukanya layanan ini, sebagai pelengkap layanan yang sudah ada. Selama ini, rute yang melintas KCI merupakan rute lintas koridor 4. Sedangkan rute khusus ini adalah rute langsung (direct) yang akan membawa pelanggan KCI menuju pusat kota, Halte Transjakarta Tosari di koridor 1 dan melewati berbagai pusat perkantoran dan perniagaan.

Layanan modifikasi khusus lintas koridor ini dapat ditemui tepat di depan pintu keluar gerbang stasiun KAI Manggarai sehingga pelanggan dapat langsung menuju bus tanpa harus menyeberang ke koridor.

Ditambahkan Nadia, salah satu keuntungan transportasi berbasis jalan yang dimiliki pemprov DKI ini adalah fleksibilitas perjalanan dan rute yang dapat didesain dan operasikan dalam waktu cepat, sehingga dapat terus menghubungkan denyut kehidupan warga selama berkegiatan di Jakarta.

Berikut adalah rute layanan Transjakarta Non BRT Hybrid Stasiun KAI Manggarai-Halte Transjakarta Tosari: Stasiun Manggarai-Halte BRT Manggarai-Jalan Sultan Agung-Jalan Galunggung-Jalan Jenderal Sudirman-Halte BRT Tosari-Jalan Blora-Jalan Latuharhari-Jalan Galunggung-Jalan Tambak-Jalan Manggarai Selatan 1-Stasiun Manggarai.


 (hop)