Kastara.ID, Jakarta – Patung Presiden Joko Widodo yang sedang mengendarai motor resmi dipasang di Sirkuit Mandalika, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lokasi patung Jokowi tersebut ada di depan gerbang utama Sirkuit Mandalika. Pemasangan artwork (karya seni) Jokowi seberat 3 ton itu dihadiri langsung oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Sementara proses pengangkatan menggunakan mobil crane dengan bantuan sejumlah pekerja.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menjelaskan, patung diharapkan sebagai simbol semangat untuk mendongkrak sekaligus mempromosikan pariwisata NTB.

Alasannya, diperkirakan nanti banyak wisatawan yang bakal swafoto di sekitar patung, kemudian diunggah ke media sosial (medsos).

Menurutnya, cara tersebut efektif untuk memerkenalkan Sirkuit Mandalika dan Lombok.

“Di depan artwork Pak Jokowi naik motor di depan Sirkuit Mandalika jadi lokasi favorit untuk selfie,” ucapnya.

Gubernur NTB tak menampik dengan swafoto juga menjadi salah satu penggerak ekonomi ke depan. Pemprov NTB ke depan akan mempersiapkan pariwisata NTB di banyak lokasi swafoto destinasi wisata.

“Memang ekonomi kita kini digerakkan oleh satu kegiatan yang namanya selfie-selfie ini. Jadi di tiap desa wisata atau destinasi wisata kita kudu menyediakan lokasi-lokasi untuk selfie ini,” tandasnya. (ant)