Gempa Bumi

Kastara.ID, Jakarta – Gempa bumi berkekuatan 5.2 magnitudo yang mengguncang Provinsi Yogyakarta, Senin, 13 Juli 2020, pukul 02.50 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangannya menyatakan pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer, dan berjarak 105 kilometer barat daya Bantul, Yogyakarta.

Kepala Stasiun Geofisika Sleman Yogyakarta, Agus Rianto mengatakan, gempa di Bantul tidak berpotensi tsunami. Agus menambahkan sempat terjadi gempa susulan setelah gempa pertama, sekitar pukul 03.15 WIB. Menurutnya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivtas subduksi.

Beberapa laporan menyebut getaran gempa terasa di beberapa wilayah Jawa Tengah seperti Purworejo dan Wonogiri, bahkan terasa pula hingga Pacitan, Jawa Timur. Belum ada laporan tentang kerusakan ataupun korban akibat gempa tersebut.

Sementara gempa bumi dengan magnitudo 5,5 juga melanda Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. BMKG melalui unggahan di akun twitter @infoBMKG melaporkan gempa terjadi pada Senin, 13 Juli 2020, pukul 07.58 WIB. Lokasi gempa berada di 5.12 derajat lintang utara dan 94.32 derajat bujur timur.

Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer dan berada sekitar 121 kilometer barat daya Kota Banda Aceh. BMKG menyatakan gempa tidak berpotenai tsunami. (ant)