Waduk Brigif

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta sejak November 2021 telah memulai pembangunan dua waduk di Jakarta Selatan. Pembangunan Waduk Brigif di Jalan Aselih, RT 09/01, Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa dan Waduk Lebak Bulus di Jalan Lebak Bulus V, RT14/04, Kelurahan Cilandak Baru, Kecamatan Cilandak, tersebut ditargetkan rampung Desember 2022.

Kepala Seksi Pengendalian Banjir Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Ericson Indra Pulungan mengatakan, Waduk Brigif dan Waduk Lebak Bulus merupakan dua dari empat waduk yang masuk ke dalam proyek 942 DV yang menjadi kegiatan super prioritas melalui pembangunan sembilan polder, empat waduk, revitalisasi dua kali dan peningkatan drainase vertikal (DV).

“Pembangunan Waduk Brigif dalam rangka pengendalian banjir khususnya pada aliran Kali Krukut. Kemudian, Waduk Lebak Bulus untuk aliran Kali Grogol,” ujarnya, Senin (13/12).

Ericson menjelaskan, pekerjaan pembangunan waduk didukung alat berat seperti ekskavator, dump truck, bulldozer, roller vibro, dan beberapa alat bantu pelengkap lainnya.

“Pembangunan Waduk Brigif dan Waduk Lebak Bulus beserta kelengkapannya ini bertujuan sebagai pengendalian banjir, khususnya di wilayah Jakarta Selatan,” tandasnya. (hop)