Kastara.iD, Jakarta – Setelah berbagai rumor dan spekulasi, akhirnya terungkap bahwa sebuah film bioskop yang berfokus pada kisah The Mandalorian akan segera memasuki masa produksi. Diungkapkan di situs resmi Star Wars, film ini diberi judul The Mandalorian & Grogu. Film ini akan disutradarai oleh pencipta serial tersebut, Jon Favreau, dan diproduseri oleh Favreau, Kathleen Kennedy, dan Dave Filoni, serta akan mulai diproduksi tahun ini.

Tentu saja, ini bukan satu-satunya film Star Wars mendatang yang berlatar belakang “Mandoverse”. Awal tahun ini, diumumkan bahwa Chief Creative Officer Lucasfilm yang baru, Dave Filoni, akan menyutradarai sebuah film yang menyatukan semua alur cerita dari era serial tv Disney+ yang saling berhubungan ini – yaitu, The Mandalorian, Ahsoka, The Book of Boba Fett, dan Skeleton Crew yang akan datang. Apa artinya ini bagi serial-serial lainnya, terutama Ahsoka, yang baru-baru ini mengakhiri musim pertamanya dengan kisah yang menggantung, masih belum jelas, tapi ini tentu saja menunjukkan bahwa sangat mungkin bagi salah satu dari serial-serial tersebut untuk berlanjut dalam format film, daripada sebua musim TV.

The Mandalorian musim 3 berakhir dengan cara yang meyakinkan dan sangat terbuka. Sementara Bo-Katan (Katee Sackhoff) akhirnya menyatukan para Mandalorian di bawah panji-panjinya, bertekad untuk membangun kembali rumah yang telah mereka hilangkan, Din dan Grogu justru memilih kehidupan yang tenang di sebuah wisma, tanpa ada darksaber atau Jedi Master yang terlihat. Meskipun kemungkinan besar ancaman kembalinya Grand Admiral Thrawn (Lars Mikkelsen) akan ditunda untuk film Filoni, bukan berarti ancaman seperti Shadow Council dari Moff Gideon tidak cukup untuk membuat Din melakukan petualangan terakhirnya.

Sangat menarik untuk melihat bahwa franchise yang baru-baru ini beralih ke televisi streaming ini kembali ke format film, tapi mungkin ini merupakan indikasi bahwa Star Wars akan segera muncul di layar lebar dan layar kaca. Langkah ini adalah langkah yang menarik jika benar: keseimbangan, bagaimanapun juga, adalah inti dari Star Wars. Selain dua film yang berfokus pada Mandalorian yang dapat kita harapkan, ada juga film James Mangold yang berfokus pada awal mula Jedi, dan film Rey yang diperankan oleh Daisy Ridley yang disutradarai oleh Sharmeen Obaid-Chinoy.

Di sisi televisi, ada Skeleton Crew yang telah disebutkan di atas, yang dibintangi oleh Jude Law, serta musim kedua Andor, serial prekuel Rogue One dari Tony Gilroy yang dibintangi oleh Diego Luna. Ada juga The Acolyte yang berlatar belakang High Republic dari sutradara Leslye Headland yang dibintangi oleh para pemain berbakat, dan diperkirakan akan tayang perdana tahun depan. (nad)